Sosialisasi Tracer Study oleh UPT Pengembangan Karir UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Dalam upaya untuk terus meningkatkan kualitas Institusi dan Prodi menuju Unggul, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Karir UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan menggelar kegiatan sosialisasi Tracer Study dengan tema Sosialisasi Tracer Study Menuju Institusi Unggul. Acara yang berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 21-22 Mei 2024, di gedung Aula Pendidikan Terpadu, menarik perhatian sejumlah pejabat Universitas, termasuk Rektor dan beberapa dekan dan stakeholder lainnya.

Dihadiri oleh Rektor UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag., serta Kepala UPT Pengembangan Karir, Ibu Rayendriani Fahmei Lubis, M,Ag., sosialisasi ini juga dihadiri oleh para Wakil Rektor, Kabag, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Jurusan, dan Kepala Program Studi, serta staf Akademik lainnya.

Narasumber didatangkan dari UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Helen Sabera Adib, M.Pd.I, dan Muhammad Bunyamin, M.Kom, memberikan pencerahan pada hari pertama dan kedua acara. Diskusi intensif dan pemahaman mendalam tentang pentingnya Tracer Study sebagai alat untuk memantau jejak karir alumni dan meningkatkan efektivitas kurikulum pun menjadi sorotan utama.

Tracer Study menjadi penting karena bukan hanya memberikan informasi tentang keberhasilan institusi dalam mempersiapkan mahasiswa untuk dunia kerja, tetapi juga membantu mahasiswa dan alumni dalam merencanakan karir mereka. Dengan mengetahui keberhasilan mereka dalam mencari pekerjaan, memperoleh gaji yang layak, dan kesesuaian bidang kerja dengan program studi yang diambil, universitas dapat melakukan penyesuaian kurikulum serta program pendukung karir.

Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag., Rektor UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, menyatakan, “Tracer Study adalah salah satu instrumen penting yang kami gunakan untuk memastikan bahwa pendidikan yang kami berikan relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi keberhasilan karir mahasiswa dan alumni kami.”

Ibu Rayendriani Fahmei Lubis, M,Ag., Kepala UPT Pengembangan Karir, menambahkan, “Kami berharap melalui kegiatan sosialisasi ini, semua pihak dapat memahami pentingnya Tracer Study dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan dukungan yang lebih baik bagi pengembangan karir mahasiswa dan alumni serta mampu menciptakan Aplikasi Tracer Study yang dapat diterapkan di UIN Syahada Padangsidimpuan”

Kegiatan sosialisasi ini menjadi momentum bagi UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta mendukung karir mahasiswa dan alumni. Dengan kolaborasi yang solid antara institusi pendidikan dan dunia kerja, diharapkan lulusan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan dapat menjadi sosok yang kompeten dan berkualitas di berbagai bidang industri.

Categories: Uncategorized