UPT. Pengembangan Karier UIN Syahada Padangsidimpuan Study Banding ke CENDI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pada tanggal 31 Mei -01 Juni 2024, UPT. Pengembangan Karier UIN Syahada Padangsidimpuan melakukan study banding ke Centre for Entrepreneurship and Development Career (CENDI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Study Banding ini dilakukan oleh Kepala UPT. Pengembangan Karier, Ibu Rayendriani Fahmei Lubis, M.Ag beserta Staff Administrasi, Ibu Uswatun Hasanah, S.H., M.Ag.

Tujuan dari Study Banding adalah untuk memperbaiki tata kelola UPT. Pengembangan Karier dalam tiga bidang utama: Tracer Study, Entrepreneurship, dan Development Center. Study Banding ini merupakan langkah strategis bagi UPT. Pengembangan Karier UIN Syahada Padangsidimpuan dalam memperluas jaringan kerja sama serta memperdalam pemahaman akan perkembangan terkini dalam tiga bidang tersebut.

Selama Study Banding, para delegasi dari UPT. Pengembangan Karier UIN Syahada Padangsidimpuan diterima dengan hangat oleh perwakilan CENDI, yang dipimpin oleh Ibu Herninayati P.M.Sc. sebagai Divisi Tracer Study dan Ibu Citra Widyastuti, M.Psi sebagai Divisi Karier.

Dalam diskusi yang dilakukan Ibu Herninayati P.M.Sc. mengungkapkan bahwa CENDI memiliki 3 bagian diantaranya Tracer Study, Kewirausahaan dan Karier. Sebagai Divisi Tracer Study Ibu Herninayati menjelaskan konsep Tracer Study di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang terpenting adanya koordinasi antara LPM, Pusat Teknologi dan Ka.Prodi, ungkapnya. Selain itu, adanya rapart/visit rutin ke Fakultas-Fakultas untuk mengingatkan terkait Tracer Study yang harus dilengkapi. Dan Divisi Tracer Study masuk dalam acara pembekalan wisuda demi kelancaran pengisian Tracer Study.

Selanjutnya, Ibu Citra Widyastuti, M.Psi sebagai Divisi Karier mengungkapkan bahwa program kerja yang dilakukan diantaranya mengadakan konseling Gratis terkait beasiswa, penjurusan maupun pekerjaan. Selain itu, juga melakukan tes minat bakat untuk melihat kesiapan bekerja mahasiswa dan melakukan pelatihan untuk Fakultas terkait cara membuat CV, wawancara yang baik, tes Psikotest dan Karier Interest. Dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pernah melakukan JOB FAIR sebagai event besar dalam bidang Karier.

Menanggapi hal yang disampaikan oleh utusan CENDI, Ibu Rayendriani Fahmei Lubis juga mengungkapkan terkait UPT. Pengembangan Karier yang masih baru berdiri di UIN Syahada Padangsidimpuan dan harus banyak belajar dari berbagai Pengembangan Karier di PTKIN, ungkap Kepala UPT. Pengembangan Karier. Dengan adanya Study Banding ini diharapkan akan membawa dampak positif dalam pengembangan program-program karier dan pengembangan bakat di UIN Syahada Padangsidimpuan serta memperkuat kerjasama antara dua institusi pendidikan tinggi yang berkomitmen pada peningkatan kualitas sumber daya mahasiswa dan Alumni.

Categories: Artikel